5 Kesalahan yang sering dilakukan entrepreneur muda ketika memulai bisnisnya

11:48 PM

5 Kesalahan yang sering dilakukan entrepreneur muda ketika memulai bisnisnya
Sumber foto: stocksnap.io


Sukses sejak muda? Kenapa enggak? Hal inilah yang banyak muncul di pikiran anak-anak muda zaman sekarang. Berwirausaha sejak dini seolah menjadi tren di kalangan mahasiswa, bahkan banyak pelajar SMP dan SMA yang mulai merambah bisnis online. Bisnis online digemari karena hanya dibutuhkan modal tak banyak dan bisa dikerjakan di mana saja. Kata entrepreneur pun banyak digaungkan dimana-mana, seolah menjadi tren.

Saat liburan kuliah menuju semester dua, terbersit di pikiran saya untuk memulai bisnis online. Akhirnya saya memutuskan untuk memulai sebuah bisnis bersama seorang teman. Kami melihat sebuah peluang bisnis dan langsung go for it. Dengan semangat muda yang berapi-api, saya dan partner yakin kami pasti bisa menjadi entrepreneur sukses sebelum berusia 20 tahun. Tanpa pernah memikirkan kesalahan yang mungkin kami lakukan dalam berbisnis.

Well, to be honest, menjadi entrepreneur sukses nggak semudah itu. Jangan gegabah. Saking semangatnya, seringkali kita melupakan beberapa hal yang sebetulnya penting untuk diperhatikan.

Berikut ini beberapa kesalahan yang kamu—dan saya—lakukan tanpa disadari ketika memulai sebuah bisnis:

1. Lupa menentukan tujuan

Kesalahan utama yang sering dilakukan seorang entrepreneur, baik berbisnis sendiri maupun dengan partner atau tim, adalah lupa menentukan tujuan yang jelas. Lebih parahnya lagi apabila partner atau tim kamu memiliki tujuan yang berbeda-beda. Padahal tujuan itu sangat sangat penting untuk menentukan arah “mau dibawa kemana bisnis ini?”

Baca disini untuk panduan menentukan tujuan dalam berbisnis.


2. Kesalahan dalam manajemen bisnis

Kamu berbisnis dengan partner atau tim? Bagus! Dengan begitu kamu bisa membagi tugas dengan rekan-rekanmu. Namun hati-hati. Distribusi tugas harus dibarengi dengan tanggung jawab masing-masing personil. Kalian bisa saja teman, but when it comes to business, you have to be professional. Jika rekan kamu tidak becus mengerjakan bagiannya, kamu harus menegurnya. Beri pengertian secara baik-baik. Saya yakin seharusnya dia mengerti kok, karena dampaknya kan ke bisnis kalian juga. Perselisihan antar rekan bisnis itu sangat wajar.

Kamu bisa baca pengalaman saya dalam manage bisnis bersama partner disini.


3. Hanya fokus ke produk, bukan customer

Bagi seorang entrepreneur, produk adalah sebuah mahakarya yang harus sempurna. Namun seringkali seorang entrepreneur lupa bahwa sempurna di matanya bukan berarti sempurna di mata customer. Seringkali kita lupa memposisikan diri sebagai customer, sehingga ekspektasi customer berbeda dengan produk yang kita tawarkan, sehingga tidak terjadi penjualan. Coba teliti lagi produkmu, sudah sesuai dengan kebutuhan customer belum? :)

4. Semangat hanya di awal, setelah itu menyerah

Sebagai seorang anak muda, saya mengakui sikap inilah yang sering sekali ada dalam diri kita. Awalnya berkoar-koar dengan semangat ’45 akan mendirikan sebuah bisnis dengan omzet sekian juta rupiah per bulan yang akan segera dikenal orang-orang, diundang talkshow, menerbitkan buku, dan sebagainya. Memiliki mimpi yang besar itu WAJIB! Tapi kamu harus konsisten dan komitmen. Apabila keadaan tidak sesuai yang kamu harapkan, jangan mudah menyerah! Tulis goal kamu besar-besar di selembar kertas atau buku, dan tuliskan hal-hal yang akan kamu lakukan untuk meraih goal tersebut. Ingat, pemenang tidak lahir begitu saja, tapi harus melewati rintangan, bahkan jatuh berkali-kali!

5. Tidak belajar dari pengalaman orang lain

Ada pepatah mengatakan

“Orang pintar belajar dari kesalahan mereka. Orang bijak belajar dari orang lain.”

Setiap dari kita pasti pernah melakukan kesalahan. Namun untuk meminimalisir terjadinya kesalahan, kenapa nggak belajar dari pengalaman orang lain? Pelajari kesalahan yang mereka perbuat supaya jangan kamu lakukan juga. Banyak membaca kisah orang-orang sukses untuk mengetahui rahasia kesuksesan mereka. Oiya, blog ini juga termasuk bahan pembelajaran untuk kamu loh, hehehe. Saya akan banyak sharing pengalaman saya dalam berbisnis dan berbagi semangat untuk calon entrepreneur muda yang memiliki impian besar meraih kesuksesan!

Nah, itulah 5 kesalahan yang menurut pengalaman saya sering dilakukan seorang anak muda yang sedang merintis bisnisnya. Kamu punya pendapat lain? Share ke saya dan pembaca lain di kolom komentar ya, sebagai bahan pembelajaran untuk kita semua :)

- clei

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts