Pentingnya menentukan GOAL dalam memulai bisnis

12:39 AM

Pentingnya menentukan goal dalam memulai bisnis
Sumber foto: google.com
Banyak dari kita yang masih belum menyadari pentingnya menentukan tujuan. Kebanyakan orang lebih suka mengikuti arus. Let it flow. Nanti juga tau mau jadi apa. Nanti juga kelihatan bisnisnya bakal jadi kayak gimana.

Bocoran buat kamu: orang-orang tersebut adalah orang yang tidak pernah berpikir besar. Orang yang puas hanya dengan menjadi biasa-biasa saja. Sekarang pilihan ada di tangan kamu. Apakah kamu mau jadi orang biasa-biasa saja, atau orang sukses? Kalau kamu hanya ingin jadi biasa-biasa saja, boleh selesai membaca sampai disini :) Namun buat kamu yang ingin sukses, silakan lanjutkan membaca.

Saya pernah mendengar suatu cerita tentang seorang penumpang taksi yang tidak tahu tujuannya mau kemana. Lantas biaya yang harus ia keluarkan sangatlah besar karena argonya tinggi. Berbeda apabila si penumpang tahu tujuannya hendak kemana, biaya yang dikeluarkan sesuai dan ia dapat sampai tepat waktu.

Cerita ini menggambarkan betapa pentingnya tujuan dalam hidup kita. Dalam berbagai aspek hidup, tujuan memainkan peranan penting. Apakah kamu bertujuan untuk memperoleh karir yang cemerlang di perusahaan tempatmu bekerja? Atau kamu bertujuan membangun sebuah usaha? Atau mungkin tujuanmu berkarya melalui karya seni?

Setiap orang pasti memiliki tujuan hidupnya masing-masing. Jika kamu merasa belum memiliki tujuan, carilah dari sekarang! Buat hidupmu berarti dengan memiliki sebuah tujuan dan lakukan hal-hal yang membuatmu semakin mendekati tujuan itu. Jangan menjadi penumpang taksi yang tidak tahu mau kemana. Hidupmu akan habis sia-sia!

Kembali ke aspek bisnis, ada dua hal yang perlu kamu cari tahu. Pertama, kamu perlu mengetahui tujuanmu berbisnis. Apakah kamu berbisnis untuk mencari uang tambahan? Atau mungkin hanya sekadar mengisi waktu luang? Kedua, apa goal yang harus tercapai oleh bisnis kamu? Mencapai omzet sekian juta rupiah per bulan? Produk dikenal dan dibicarakan orang-orang? Jika kamu berbisnis sendiri, tentunya goal dibutuhkan untuk menjadi penyemangat kamu. Jangan sampai semangat kamu padam karena nggak ada rekan yang mengingatkan loh. Tulis goal kamu besar-besar dan baca setiap hari. Hal ini memicu reaksi emosional dalam diri sendiri untuk tetap semangat meraih tujuan.

Bagaimana kalau kamu memiliki rekan bisnis? Semakin banyak kepala berarti semakin banyak ide yang terkumpul dan pembagian kerja menjadi lebih tertata, namun bisa jadi semakin kacau! Setiap orang memiliki karakteristik dan idealisme masing-masing, yang nggak bisa kamu paksakan. Ini artinya kamu harus duduk bersama rekan kerjamu dan berdiskusi.

Coba ajak rekan-rekanmu untuk jawab pertanyaan berikut ini:


  • Apa alasanmu berbisnis? Apa yang ingin kamu capai lewat berbisnis?
  • Mengapa kamu memilih (sebutkan nama rekan kerjamu) untuk berbisnis bersama?
  • Apa goal yang kamu inginkan untuk diraih bisnis tersebut? (minimal dalam satu tahun ke depan)



Setelah semua terjawab, coba diskusikan bersama. Apabila tujuan kalian berbeda, komunikasikan baik-baik. Perbedaan pendapat itu sering terjadi, namun tujuan bisnis kalian harus sama, alias kalian harus memiliki satu VISI. Coba diskusikan goal apa yang ingin kalian raih dalam bisnis tersebut dan bersepakatlah untuk bekerjasama meraih goal tersebut.

Sama halnya dengan perusahaan besar, sebuah visi juga penting untuk dimiliki oleh startup bisnis sekalipun. Goodluck pursuing your goal! :)

- clei

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts